Harap Tunggu…

“Hati-Hati” Memilih Jurusan Kuliah

Masa-masa ketegangan Ujian Nasional telah berlalu, selebrasi kelulusan sekolah juga telah menjadi bagian dari kenangan, kini saatnya menyambut masa penerimaan siswa baru di berbagai jenjang pendidikan. Bagi adik-adik yang baru menyelesaikan pendidikan SMA sudahkah kamu menemukan jurusan dan kampus impian kalian masing-masing? Atau kamu sudah ikut SBMPTN tapi belum lulus juga?

Selamat buat kamu yang sudah diterima di kampus dan jurusan impian. Tapi untuk kamu yang belum diterima jangan berkecil hati ya. Stay cool, masih ada waktu kok.

Nah, kami rangkum untuk kamu yang masih galau dalam menentukan jurusan kuliah 5 kesalahan paling sering dikeluhkan mahasiswa ketika menjalani perkuliahan.

  1. Memilih jurusan tidak sesuai dengan passion.

Jangan memaksakan diri masuk jurusan yang tidak sesuai dengan Passion. Di antara banyak hal yang kamu sukai pasti ada satu hal yang paling kamu sukai, hal yang membuatmu bergairah dan bersemangat berkecimpung di dalamnya. Misalnya kamu excited banget dengan hitung-hitungan kamu bisa masuk ke jurusan Matematika atau Akuntansi. Jangan maksain diri masuk jurusan sosial. Ketika kamu memaksakan diri biasanya akan selalu mengalami yang namanya BaPer sepanjang hidupmu. 😀 😀 😀

  1. Tidak pernah konsultasi

Jangan remehkan pengalaman orang yang lebih tua. Kalau kamu masih bingung dan tidak bisa memutuskan sendiri, tidak ada salahnya kamu minta rekomendasi dari mereka, misal seperti orang tua, guru, kakak kelas atau anggota keluarga lainnya. Karena dengan begitu kamu bisa mendengar sendiri pendapat mereka sesuai dengan pengalaman yang pernah mereka alami. Kurangnya informasi akan berdampak merasa salah memilih jurusan kuliah.

Perlu kalian INGAT, setelah memperoleh gambaran tetap saja kamu harus mempertimbangkan dan memutuskan jurusan apa yang paling cocok dengan kemampuan kamu sendiri.

  1. Bertentangan dengan hobi.

Aspek lain yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan adalah dari hobi kamu. Apa hobi yang kamu tekuni selama ini. Dengan kuliah di jurusan yang berkaitan dengan hobi akan mendorong kamu semakin kreatif, terampil dan tertantang dalam mengasah keterampilan. Jangan sampai kamu termasuk orang yang setelah kuliah malah tidak punya keterampilan apa-apa karena belajar tidak dari hati.

INGAT, HOBI yang terasah = Penghasilan

  1. Jauh dari cita-cita.

Point ini tidak berlaku bagi kamu yang tidak punya cita-cita. Sewaktu kecil kamu pasti sudah pernah menentukan apa cita-cita profesi yang kamu harapkan di masa depan nanti. Untuk mencapai cita-citamu, tentunya kamu harus kuliah dengan jurusan yang berkaitan kan? Nah, cita-citamu bisa dijadikan patokan untuk memilih jurusan kuliah. Misal kamu ingin menjadi seorang Dokter, kamu tidak mungkin kuliah di jurusan Pertanian kan?

  1. Tidak peduli dengan Peluang Kerja di masa depan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu alasan kamu kuliah adalah untuk mendapatkan pekerjaan. Kamu bisa mencari tahu informasi jurusan apa yang paling banyak dibutuhkan beberapa tahun mendatang ketika kamu sudah lulus. Kemudian kamu tentukan jurusan mana yang paling membuatmu tertarik dan cocok dengan karaktermu. Ingat kuliah JANGAN ikut ARUS.

Walau saat kamu masuk kuliah jurusan kamu belum begitu booming di masyarakat, kamu tidak perlu panik, karena setiap tahun kebutuhan tenaga di masyarakat akan mengikuti perubahan zaman.

Jadi buat kamu nggak lulus SBMPTN atau kamu yang nggak lulus di kampus negeri impian, sedih boleh tapi pikirkan lagi masa depanmu masih panjang, masih banyak pilihan yang bisa kamu tempuh untuk kuliah, kamu masih bisa daftar jalur mandiri atau ke KAMPUS SWASTA. Tidak penting dimana kamu berasal, entah dari negeri atau swasta, selama kamu bersungguh-sungguh dan total dalam belajar, lingkunganmu akan tetap membutuhkanmu, kamu juga bisa buktikan kalau lulus dari KAMPUS SWASTA sama suksesnya dengan lulusan kampus negeri, kamu juga bisa sukses dengan pilihan dan keputusanmu sendiri.

INGAT “Hati-Hati” dalam memilih Jurusan.

®TIM PMB

Bagikan ke sosial media

Leave a Reply