Pengabdian Masyarakat UNU Kalsel, Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Panti Asuhan

Pengabdian Masyarakat UNU Kalsel, Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Panti Asuhan

Pengabdian Masyarakat UNU Kalsel,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan selatan (UNU Kalsel) gelar kegiatan sosialisasi pencegahan transmisi Covid-19 pada Panti Asuhan Raudlatul Yatama, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, (1/7/2021).

Pemimpin program, Nova Arianto selaku Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UNU Kalimantan Selatan, menjelaskan bahwa program dilaksanakan sebagai upaya untuk menjaga Panti Asuhan dari pandemi Covid-19.

“Sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 dilakukan supaya Panti asuhan tetap menjadi zona hijau. Mengingat, saat ini terjadi lonjakan kasus covid yang cukup banyak di beberapa daerah di Indonesia,” ujarnya kepada banua.co.

“Keadaan ini (zona hijau, red) patut dipertahankan, mengingat Panti Asuhan adalah tempat menampung dan mendidik anak – anak bangsa yang memerlukan uluran tangan kita, baik dikarenakan yatim piatu, dari keluarga pra sejahtera atau alasan lainnya,” tambahnya.

Program pengabdian masyarakat UNU Kalsel tersebut dilakukan dengan memberikan pendampingan dan penyuluhan, melalui penyampaian materi untuk meningkatkan pemahaman mengenai peningkatan daya tahan tubuh warga terhadap virus; penerapan physical distancing; disinfeksi diri, peralatan dan lingkungan serta melaksanakan protokol kesehatan serta mengembangkan sistem rujukan bagi warga yang mengalami Covid-19.

Wakil Dekan FEB UNU Kalsel, Edy Setyo Utomo yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, program pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan pengabdian masyarakat semacam ini akan terus dilaksanakan oleh UNU Kalsel, bukan hanya oleh Fakultas Ekonomi, tetapi juga oleh Fakultas-Fakultas lain. Seperti contoh Fakultas Farmasi, yang pada awal-awal pandemi, menyediakan cairan disinfektan dan hand sanitizer secara gratis pada masyarakat di sekitar Kampus,” ujarnya.

Edy juga mengajarkan beberapa teknik cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya dengan metode SEFT (Sptititual Emotional Freedom Technique).

SEFT merupakan salah satu teknik terapi alternatif untuk mengatasi masalah emosi dan fisik. Terapi dilakukan dengan cara totok ringan pada titik saraf tertentu atau meridian dalam tubuh.

Sementara, program pengabdian masyarakat UNU Kalsel ini melibatkan mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis semester 4 sebagai salah satu wujud nyata kepedulian mahasiswa terhadap lingkungannya.

Dwi Hidayatul Putri, selaku ketua kelas mengatakan, kegiatan ini tidak sebatas sosialisasi tetapi juga dengan pemberian bantuan kepada panti asuhan berupa sembako, beras, minyak, mie instan, dan telur.

“Meskipun jumlahnya tidak seberapa, semoga bantuan ini bisa bermanfaat untu adik – adik penghuni panti asuhan,” harapnya.

Bagikan ke sosial media

Tinggalkan Balasan