Harap Tunggu…

TIPS “Anti Galau Masuk Kuliah”

Galau

Pasca pengumuman kelulusan SBMPTN ada yang happy karena berhasil diterima di kampus dambaan, ada yang masih galau. Untuk yang masih galau jangan risau kami punya TIPS “Anti Galau Masuk Kuliah

Perhatikan dan baca dengan seksama tips-tips berikut:

  • Cari kampus dengan pelayanan administrasi nggak ribet termasuk proses pendaftaran masuk kuliah. Jangan sampai mengalami kejadian yang sama untuk kedua kalinya. Hehehe
  • Cari kampus yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi strategis. Ini untuk menghemat biaya transportasi. Lumayan sisa duitnya bisa buat makan. Hihihi
  • Khusus untuk kalian yang domisili agak jauh dari kampus (bakalan ngekost) sebaiknya cari kampus yang biaya kuliahnya terjangkau sehingga tidak membebani orang tua.
  • Cari kampus yang membekali mahasiswanya dengan bahasa internasional, minimal bahasa Inggris. Jadi kalian tidak susah lagi kursus bahasa asing untuk bersaing secara global setelah lulus. Catatan plus kalau ada kampus yang membekali lebih dari dua bahasa.
  • Cari kampus yang konsen memberikan pengembangan enterpreneur (kewirausahaan) dan kepemimpinan, jadi setelah lulus minimal punya usaha sendiri nggak nggangur.
  • Perhatikan desas desus tentang dosen pengajarnya, upayakan jangan cari kampus yang pengajarnya killer semua. Pilih kampus dengan pengajar yang ramah, biasanya PTS baru dosennya muda-muda, ramah, mudah diajak diskusi, kadang ada yang masih jomblo (modus cuy..wkwkwk)

Nah, sekian tips-tips kali ini. Jadi bagi yang belum lulus SBMPTN jangan patah semangat untuk melanjutkan pendidikan ya, karena kuliah bisa dilakukan di kampus mana saja. Tidak lulus SBMPTN bukan akhir dari segalanya, kesuksesan bukan hanya milik mereka yang masuk di PTN tapi milik semua orang yang mau terus belajar dan berusaha.

Nantikan tips-tips kami berikutnya ya. ® TIM PMB

semangat

Bagikan ke sosial media

Leave a Reply